Pekan P5 “Bakarasminan Kearifan Lokal”

Banjarmasin – Disemester Genap tahun ajaran 2023/2024 ini SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin kembali melaksanakan kegiatan Pekan P5. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal  5 – 8 Maret 2024 ini mengambil tema Kearifan Lokal dengan judul “Bakarasminan”.

Bakarasminan sendiri merubahan bahasa Banjar Karasminan yang artinya beacaraan atau bearuhan atau berkegiatan yang mengundang banyak orang, baik dalam kegiatan pernikahan, peseta adat atau sejenisnya. Jadi Bakarminan Kearifan Lokal sendiri memiliki maksud dan tujuan berkegiatan kearifan lokal.

Karena mengambil tema kearifan lokal maka kegiatan selama empat hari tersebut diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur tradisional seperti lomba permainan tradisional, gelar karya dan bazar makanan tradisional.

Pada permainan tradisional dipilih permainan Asinan atau dikenal juga Gobak Sodor, bakiak dan bedakuan. Lalu ada juga gelar karya, dimana setiap kelas diminta untuk tampil perwakilannya untuk membawakan lagu tradisional Banjar yang mereka sukai. Lalu pada hari terakhir ada kegiatan Bazar makanan tradisional.

Bazar makanan tradisional ini menjadi daya tarik paling menarik karena setiap kelas berlomba-lomba untuk membuat, menampilkan serta menjual makanan tradisional yang mereka buat bersama-sama.

Jadi bukan hanya tentang pengenalan hal-hal tradisional yang ditampilkan tapi disini siswa juga diberikan kesempatan untuk mencoba berjualan untuk mengasah insting entrepreneur.

Alhamdulillah. Kegiatan ini diikuti setiap kelas dengan penuh keceriaan dan semangat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *