Puncak Tema P5 “Kearifan Lokal dan Bhinneka Tunggal Ika”

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. Adapun tahapan P5 diawali dengan memahami P5, kemudian menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek P5, mengelola P5, mendokumentasikan serta melaporkan hasil P5, dan yang terakhir adalah evaluasi dan tindak lanjut P5.

Dalam hal ini SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin sebagai SMK Pusat Keunggulan bebrapa waktu lalu telah melaksanakan Puncak P5 Sebagai bentuk ide kreatif siswa/i untuk melakukan inovasi dengan mengadakan puncak P5. Dalam sub tema “Kearifan Lokal dan Bhinneka Tunggal Ika” dimana sebelumnya ada yang namanya pekan P5 yaitu tahap persiapan apa saja yg akan dilakukan dan ditampilkan siswa/i dalam pelaksanaan puncak P5.

Dengan sub tema Kearifan Lokal untuk kelas XI dan Bhinneka Tunggal Ika kelas X. Karena puncak temanya digabung, maka tema kegiatannya adalah “Melestarikan budaya untuk menyatukan perbedaan”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis 23 Februari 2023 bertempat di lapangan SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin dihadiri oleh Pengawas Pembina Sri Mulyaningsih, S.Pd, M. APd, perwakilan sponsor, Kepala TK Aisyiyah 23, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Banjarmasin, seluruh dewan guru dan staf tata usaha, serta seluruh Siswa/i SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin .

Ada pun beberapa kegiatan yang ditampilkan sebagai berikut :

  • Panting
  • Tarian Nusantara
  • Tarian Daerah Kalimantan
  • Drama musikal tema (Bhinneka Tunggal Ika)
  • Permainan Khas Kalimantan Selatan (Asinan dan Kepala haruan)
  • Drama daerah Kalsel
  • Karate Vs Tapak suci
  • Fashion show baju adat daerah

 

Selain peran peserta didik dan seluruh elemen sekolah tak lupa suksesnya acara ini pun didukung oleh para sponsor seperti Aston Banua Hotel & Convention Center, La Vanilla Photography & Printing, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, NBS Skincare, Bank Kalsel, Kopi Anno.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *